Rabu, 16 April 2014

Arti Sebuah Nama

 Arti sebuah nama, saya menuliskan ini karena ketika mencarikan nama untuk anak saya, saya benar-benar berpikir bahwa nama inilah yang akan dibawa mereka kelak sampai selama-lamanya dan nama adalah doa orang tua bagi anaknya.

Saya masih ingat dengan jelas ketika mencari nama untuk anak pertama saya dan pengalaman itu bahkan sangat amat melekat di benak saya. Waktu kehamilan saya menginjak bulan ke 5 saya mulai googling dan mencari nama di buku nama. Karena saya Kristiani maka salah satu nama anak saya haruslah nama seorang Santo. Hal ini saya sengaja agar jika suatu hari nanti anak ini saya Babtis, nama Babtis sudah melekat di akte kelahirannya dan nama ini dibawanya sejak kecil. Bagi saya memberi nama ke anak pertama saya ini merupakan pengalaman iman yang tak terlupakan. Ketika mencari nama untuk anak pertama saya, saya bawa pula dalam doa, hal ini agar kelak anak ini boleh menjadi perpanjangan kasih Allah kepada sesama manusia. Entah darimana terpikir bagi saya suatu firman di Injil yang menyebutkan "Lihat, inilah seorang Israel  sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!". Beranjak dari firman inilah saya mencari tau siapakah Natanael itu karena tidak pernah saya mendengar Santo Natanael ini. Setelah mencari di google, saya menemukan bahwa Natanael ini adalah Santo Bartolomeus dan arti dari nama Natanael ini adalah gift from God. Dari sini saya merasa nama ini cocok, karena ini anak pertama saya dan bagi saya dia adalah hadiah dari Tuhan untuk keluarga kecil saya. Entah suatu kebetulan atau tidak, tapi sejujurnya saya percaya segala sesuatu terjadi karena seturut kehendak-Nya dan tidak ada yang kebetulan di dunia ini, setelah saya menemukan nama ini ketika saya Misa di Gereja, bacaan dalam minggu itu adalah firman tentang pertemuan Yesus dengan Natanael. Ok, saya anggap Tuhan menjawab doa saya, nama anak saya Natanael. Dan hanya supaya tampak lebih keren, ejaan menggunakan ejaan Inggris yakni Nathanael. Lalu sekarang nama berikutnya adalah nama berikutnya, nama ini entah terinspirasi dari mana, saya menemukan nama Steven yang mempunyai arti blessed. Yah saya merasa Nathan adalah hadiah dari Tuhan yang diberkati. Nama terakhir anak saya adalah marga dari ayahnya yakni Wang yang berarti raja. Singkat kata akhirnya nama anak saya yang pertama adalah Nathanael Steven Wang yang mempunyai arti Seorang raja yang merupakan hadiah dari Tuhan dan diberkati :) Paling mudah mengingat nama anak saya adalah dengan mengejanya menjadi NSW.


Nathanael Steven Wang
 Ketika Nath menginjak umur 1 tahun 4 bulan saya hamil anak kedua saya. Dan ketika saya mengetahui saya hamil maka Nathan naik peringkat menjadi Koko, akhirnya istilah Koko Nath (baca : Coconut) menjadi panggilan buat Nath. Beberapa bulan berselang dan saya mulai harus mencari nama lagi untuk anak saya yang kedua.  Ternyata memberi nama anak kedua terasa lebih sulit, namun saya bawa dalam doa lagi. Mengingat pengalaman pertama, maka pertama yang dicari adalah cikal bakal nama Babtis. Oh iya, anak kedua saya ternyata cowok lagi, jadi searching lagi nama Santo. Awalnya saya menginginkan nama Santo Filipus, karena dia adalah Santo yang membawa Nathanael kepada Yesus. Namun karena saya berpikir ini kan adiknya, masak adiknya yang bawa kokonya sih wkwkwk sebenarnya alasannya rada ga jelas sih tapi akhirnya Filipus di skip. Suami saya rajin banget tuh cari nama Babtis ini, akhirnya dia mengusulkan nama Timotius. Saya mencari arti Timotius ini yakni memuliakan Tuhan atau menghormati Tuhan. Timotius sendiri menjadi bagian dari Alkitab di mana Santo Paulus menulis surat pula ke Timotius. Timotius sepanjang hidupnya setia mengikuti Tuhan. Dari sinilah nama Babtis anak kedua saya ditemukan yaitu Timotius di mana ejaan Inggrisnya Timothy. Berbulan-bulan saya dan suami mendapatkan nama Timothy ini, puji Tuhan kami menemukan nama yang baik buat anak kedua ini. Selanjutnya nama berikutnya, ini adalah nama biasa namun tetap mencari yang artinya baik, kami menemukan nama Edward. Edward sendiri berarti kesejahteraan (wealth or prosperity). Ok, pencarian nama telah selesai, anak kedua kami bernama : Edward Timothy Wang yang berarti : Seorang raja yang penuh dengan kesejahteraan dan senantiasa memuliakan Tuhan. Inisialnya Ed adalah ETW :) 

Edward Timothy Wang
 Dan inilah foto kedua anak saya :
 
ETW and NSW
 Pesan mama dan papa : Koko dan Titi jadi anak yang baik di mata Tuhan dan sesama, semoga nama yang papa mama berikan benar-benar bermakna buat kehidupan kalian kelak. Doa papa dan mama menyertai kalian berdua :) Biarlah Tuhan sajalah yang menjadi gembalamu, seperti pemazmur berkata di pasalnya yang ke 23:

23:1TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku.
23:2Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang;
23:3Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya.
23:4Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.
23:5Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah.
23:6Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa.

 Bagi yang sedang mencarikan sebuah nama bagi anaknya, bawalah dalam doa, apapun agamamu apapun kepercayaanmu, carilah nama yang baik buat putra dan putrimu. Karena nama itulah doa yang dibawa anak sepanjang hidupnya. (by Ely Ng)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar